Senin, 03 Juni 2013


Mampukah saya bersaing di dunia kerja esok dan langkah langkah strategis apa saja yang saya lakukan untuk berkompetisi di dunia kerja esok.

            Saya adalah seorang mahasiswi jurusan teknik sipil program studi Pendidikan Teknik Bangunan di sebuah PTN. Saya baru satu tahun ini menjalani kuliah, jadi tepatnya saat ini saya baru saja semester 2. Selama satu tahun ini kurang lebihnya saya  sudah  banyak pertimbangan kenapa saya dulu bisa memilih program studi ini. Mengingat di tahun sekarang ini persaingan didunia kerja semakin ketat.
Minimnya lapangan  pekerjaan yang disediakan  menjadikan pengangguan di Indonesia semakin membludak. Bahkan tidak sedikit lulusan sarjana yang menjadi pengangguran. Maka dari itu seharusnya saya dan juga kita semua para mahasiswa harusnya sudah mempunyai ancang – ancang untuk mengatasi hal tersebut. Agar sebisa mungkin tidak menjadi sarjana nganggur tapi malah bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia
Jika ada yang bertanya “Mampukah saya bersaing di dunia kerja esok dan langakah strategis apa saja yang saya lakukan untuk berkompetisi di dunia kerja esok?” . Maka saya akan menjawab saya harus mampu bersaing dan saya harus siap bersaing. Saya sebagai mahasiswa, berarti saya selama perkuliahan nantinya akan dipersiapkan dan dibekali ilmu agar mampu bersaing di dunia kerja.
            Hal yang akan saya lakukan dan yang akan saya persiapkan jika saya telah lulus dan untuk menghadapi kompetisi di dunia kerja mungkin diantarannya adalah sebagai berikut: Yang pertama adalah karena saya mengambil pendidikan maka saya nantinya akan dipersiapkan sebagai seorang pendidik. Karena sebagai seorang pendidik  (guru) kita dituntut tidak hanya kita sendiri yang memahami materi pembelajaran tetapi harus bisa membagi ilmu kepada peserta didik.  Jadi sebisa mungkin kita harus belajar menjadi bagaimana menjadi seorang guru yang baik. Dan bisa memberi dampak positif kepada murid – muridnya.
            Yang kedua yaitu karena saya nantinya belum tentu menjadi seorang guru. Jadi ada baiknya jika saya mendalami keterampilan – keterampilan di dunia teknik sipil agar nantinya bisa saya gunakan untuk membuka usaha sendiri. Dan dapat membuka lapangan pekerjaaan. Sehingga kita tidak menerima gaji tetapi kita yang memberi gaji.
            Yang ketiga yaitu belajar dengan sungguh – sungguh agar saya bisa menonjolkan kemampuan dan keterampilan yang saya punya agar bisa bersaing dalam mencari pekerjaan. Karena salah satu faktor yang terpenting dalam bersaing di dunia kerja adalah kemapuan, keterampilan dan juga kepribadian seseorang.
            Dan jika semua usaha – usaha diatas sudah saya laksanakan semua, maka sebagai manusia biasa saya hanya tinggal menyerahkan semua kepada-Nya. Karena manusia hanya mampu berusaha tetapi Allah SWT pula yang mentukan. Do’a, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal selalu. KEEP GIVE THE BEST AND WE WILL GET THE BEST.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar