Kamis, 04 April 2013

"Pengembangan sumberdaya manusia melalui sekolah menengah kejuruan, khususnya program keahlian bangunan"



Pada zaman sekarang ini pemerintah republik indonesia berusaha untuk memaksimalkan program wajib belajar 9 tahun. Guna menciptakan penerus perjuangan bangsa dan untuk menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kecerdasan, keterampilan, dan berkepribadian. Untuk berpartipasi dan memaksimalkan program yang diwajibkan oleh pemerintah tersebut memang melalui banyak hambatan, diantaranya yaitu mahalnya biaya pendidikan, dan kurang sadarnya masyarakat tentang pentingnya pendidikan.
Wilayah di indonesia yang terdiri dari beribu – ribu pulau dan masih banyaknya orang yang berada jauh dari kota atau tinggal didaerah pedalaman dan terpencil menambah sulitnya pendidikan untuk tersebar secara optimal. Untuk mengatasi mahalnya biaya pendidikan, sekarang telah ada solusinya yaitu pemerintah memberikan dana bantuan operasional sekolah. Sehingga masalah ini sedikit demi sedikit dapat teratasi.
Pendidikan di Indonesia  mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) rata – rata sama. Yang berbeda nantinya yaitu pendidikan sekolah setelah mereka lulus SMP. Mereka nantinya dihadapkan dengan pilihan akan melanjutkan sekolah ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMA para siswa dicetak untuk menjadi individu yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang akan mereka gunakan sebagai bekal untuk melanjutkan jenjang study ke perguruan tinggi. Dapa dikatakan lulusan SMA belum siap untuk melanjutkan mencari pekerjaan.
Berbeda dengan Sekolah Menengah Kejuruan, para siswa setelah lulus nanti disiapkan untuk langsung bisa mencari pekerjaan sesuai dengan yang mereka pelajari di SMK. Hal ini dapat memberikan nilai tambah pada sekolah SMK dalam mencetak sumberdaya manusia yang dapat keterampilan khusus. Di  Indonesia banyak sekali sekolah menengah kejuruan dengan berbagai  jurusan. Di antaraya yaitu Sekolah Menengah K ejuruan jurusan pembangunan atau yang sering di kenal di bidang teknik sipil. Berikut ini adalah sedikit gambaran mengenai sekilah menengah kejuruan jurusan pembangunan.
http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_15602.gif?1065388687
Macam-macam nama  jurusan teknik bangunan pada sekolah teknologi menengah yang bisa disingkat dengan STM atau disebut juga sebagai sekolah menengah kejuruan yang disingkat SMK:
Teknik gambar bangunan
Adalah jurusan di STM yang mempelajari bagaimana membuat gambar bangunan seperti gambar arsitektur maupun gambar struktur bangunan, dalam jenjang D3, S1 atau S2 nama jurusan untuk teknik gambar bangunan ini adalah teknik arsitektur, lulusan dipersiapkan menjadi tenaga ahli arsitek atau drafter dalam bidang perencanaan bangunan baik gedung maupun bangunan infrastruktur.
Teknik konstruksi bangunan
Mempelajari bagaimana melaksanakan kegiatan pembangunan dari perencanaan, manajemen pelaksanaan sampai perhitungan struktur bangunan, di tingkat universitas akan ditemui jurusan teknik sipil yang sama dengan jurusan teknik konstruksi bangunan pada sekolah teknologi menengah ( STM ), prospek lulusan teknik konstruksi bangunan seperti menjadi pengusaha kontraktor dan bidang usaha bangunan lainya atau bekerja sebagai karyawan pada bidang usaha bangunan tersebut seperti menjadi pelaksana lapangan, estimator/ quantity surveyor, menghitung rencana anggaran biaya bangunan serta profesi lain yang berhubungan dalam kegiatan proyek pembangunan konstruksi bangunan.
Teknik konstruksi batu dan beton
Jurusan ini sebenarnya sama dengan konstruksi bangunan namun lebih fokus untuk ahli dalam bidang konstruksi batu dab beton seperti perencanaan konstruksi beton bertulang sampai dengan bagaimana cara melaksanakan pekerjaan tersebut dilapangan dengan baik.
Teknik survey dan pemetaan
Adalah jurusan pada sekolah STM bangunan yang dipersiapkan untuk ahli dalam hal teknik survey dan pemetaan seperti ilmu ukur tanah, menggambar peta kontur, penyelidikan tanah, perencanaan alur jalan raya serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pemetaan.
Teknik perkayuan
Jurusan ini lebih banyak mempelajari tentu struktur kayu seperti pembuatan furniture atau mebel, perencanaan struktur kuda-kuda kayu serta hal-hal lain yang berubungan dengan struktur bangunan terbuat dari kayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar